Tentang Gumiho

Gumiho [구미호] adalah rubah berekor sembilan, makhluk legendaris dengan asal-usul dalam mitos Cina kuno sejak berabad-abad tahun yang lalu. Ada versi tokoh dalam cerita rakyat Cina dan Jepang, masing-masing sedikit berbeda. The huli jing Cina dan Jepang memiliki moral kitsune, sedikit ambigu karena mereka bisa menjadi baik dan buruk. Di sisi lain gumiho versi Korea, hampir selalu digambarkan sebagai tokoh yang ganas, seorang karnivora yang memakan daging manusia.

Menurut legenda, seorang rubah yang hidup seribu tahun berubah menjadi gumiho yang dapat muncul dalam menyamar sebagai seorang wanita dan makanannya adalah hati manusia (legenda yang berbeda menentukan satu atau yang lain) untuk bertahan hidup. The huli jing Cina dikatakan terdiri dari energi feminin (yin) dan mengkonsumsi energi laki-laki (yang) untuk bertahan hidup. Kitsune Jepang dapat berupa laki-laki atau perempuan.

Gumiho Korea secara tradisional perempuan. Beberapa dari mereka bisa menyembunyikan fitur gumiho mereka alias dapat menyamar, sementara mitos lain menunjukkan bahwa mereka tidak dapat sepenuhnya menyamar (misalkan wajahnya mirip rubah atau memiliki sembilan ekor). Biasanya ada setidaknya satu sifat fisik yang akan membuktikan gumiho bentuk bentuk sejati mereka, atau mereka bisa melakukan sihir untuk mengungkap identitasnya.

Seperti halnya werewolves atau vampir dalam pengetahuan Barat, selalu ada variasi pada mitos tergantung pada kebebasan bahwa setiap cerita mengambil sebagian dari legenda. Beberapa cerita mengatakan bahwa jika seorang gumiho tidak membunuh dan memakan manusia selama seribu hari, gumiho tsb dapat menjadi manusia. Lainnya, seperti drama Gumiho: Tale of Fox, mengatakan bahwa gumiho bisa menjadi manusia jika orang yang melihat sifat yang sebenarnya menyimpan rahasia itu selama sepuluh tahun. Terlepas dari aturan masing-masing cerita itu sendiri, beberapa hal selalu konsisten: gumiho adalah rubah, seorang wanita, dan seorang karnivora.

cr: avrilend

8 thoughts on “Tentang Gumiho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s